PENGERTIAN MICROSOFT WORD
Microsoft Word adalah aplikasi sebuah program pengolah
kata (word processor) yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Program ini
biasanya digunakan para pemakai komputer untuk kegiatan tulis-menulis. Seperti
pembuatan surat, proposal, artikel,
brosur, booklet, dan lain-lain dengan aneka font (huruf) dan layout yang
tersedia. Kita juga dapat membuat naskah ilmiah dengan rumus-rumus matematika,
fisika maupun kimia dan mendesain sebuah dokumen dengan variasi gambar yang
unik dan sangat lengkap.
Selain, Microsoft Word, ada beberapa
jenis word processor yang popular dan sudah beredar di masyarakat diantaranya :
WordStar (WS), WordPerfect (WP), AmiPro, WordPad, dan lain-lain. Microsoft Word
sebagai program pengolah kata memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih
familiar dibandingkan dengan pengolah kata lainnya.
Program pengolah kata Microsoft Word
telah mengeluarkan versi 1.0. sampai 6.0. untuk versi DOS. Kemudian, seiring
dengan kemajuan perusahaan pembuatnyya, Microsoft Coorporation telah
mengeluarkan 13versi Microsoft Word, yaitu versi ’95, ’97, 2000, 2002, 2003, 2007, 2010, dan 2013
FUNGSI MICROSOFT WORD
Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD
dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah.
Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada
dalam MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat
membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan
untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai fasilitas
yang ada dalam MS WORD.
1.
Jenis huruf
Agar dokumen yang dihasilkan tidak
terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu
default font yang akan dipergunakan. (Menu Home+Font)
2. Pembuatan Numbering
Biasanya, pembuatan suatu dokumen
mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I
Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan
terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu
dokumen.
3.
Pembuatan
Outline
Biasakan bekerja dengan dokumen view
berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan
kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen.
Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada
kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk
mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change List Level)
4. Pemakaian Break Section
Biasanya dalam suatu dokumen
terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya :
halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar
Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” , Bab I
dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis
halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next
Page).
5. Penomoran Halaman
Seperti yang telah disebut pada poin 4,
maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section
diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number +
Format Page Number + Page numbering + start at … kemudian pilih letak
nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak
ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert
+ header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page)
6. Pembuatan Daftar Tabel
Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat
diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu
References + insert Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan
tanda centang pada exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar
tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table of figures) maka
daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman
pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update
field.
7.
Pembuatan
Daftar Isi
Pembuatan daftar isi secara otomatis
adalah dengan memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan
dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update
daftar tabel)
8. Editing dengan
Document Map
Agar editing yang dilakukan dapat
dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu
View + document map). Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan
diedit dapat berlangsung lebih cepat)
CARA MENGAKTIFKAN MICROSOFT WORD
Kita dapat memulai atau menjalankan
program aplikasi Microsoft Word dengan menggunakan langkah berikut :
1. Pilih dan Klik tombol Start
2. Pilih menu program
3. Kemudian, pilih dan klik program
Microsoft Word
4. Tunggu sampai jendela program
aplikasi Word ditampilkan
Atau kita juga bisa mengklik mouse kiri
sebanyak 2 x shortcut microsoft word pada dekstop
Tidak ada komentar:
Posting Komentar